Football Manager, Pemikiran Berbeda Dari Game Sepak Bola Lainnya

Posted on

 

Peluang biasanya beberapa fans game sepakbola makin mengenal Pro Evolution Soccer dan FIFA untuk diantaranya pion game sepak bola saat ini.

Kedua game itu menawarkan pengalaman yang riil pada beberapa pemainnya untuk merasakan atmosfer di pertandingan sepak bola itu.

Tetapi, bagaimana rasanya jika kita mainkan satu game sepakbola tapi kita berada di pemikiran seorang Manager atau Pelatih sepakbola? Pertanyaan itu terjawab oleh game buatan Sports Interactive yaitu Football Manager.

Mengenal Football Manager

Football Manager adalah satu game Simulasi dan Olahraga, yang pertama kali dikeluarkan tahun 1992 dengan nama Championship Manager. Seiring waktu berjalan, seri Championship Manager alami penurunan dan bertukar nama jadi Football Manager. Game ini ditingkatkan oleh Sports Interactive dan SEGA untuk penerbit/penerbit/publisher waktu bertukar nama jadi Football Manager pada tahun 2006. Sampai saat ini, seri terbaru nya adalah Football Manager 2020 yang dilihat seperti seri dengan peningkatan cukup baik di semua unsur. Game ini dikeluarkan di pangkal PC, Nintendo Switch, Android, IOS, sampai Google Stadia.

Lalu lalu apa pembeda game ini dari game sepakbola lainnya? Pertama, game ini bawa serta kita dalam pemikiran berbeda dimana kita dibawa jadi seorang Manager atau Pelatih pada suatu kesebelasan sepakbola. Peluang game ini terdengar membosankan.menjengkelkan oleh beberapa orang, tapi buat orang orang yang menyenangi sepakbola tidak cuma pertandingan tapi sampai ke internal satu tim. Peluang kamu cocok atau dan bisa memakan waktu yang lama hanya untuk game ini. Penulis yang sudah mainkan dari seri Football Manager 2012 peluang sudah butuhkan beberapa saat untuk memperoleh kesuksesan di game. Ditambahkan banyak halangan yang dibuat agar game ini semakin menarik lagi.

Proses Gameplay

Proses Gameplay yang benar-benar menonjol peluang adalah di bagian taktik dan manajemen tim. Di sini, kita jangan dalam memproses taktik yang akan dimainkan tim kita. Terdapat beberapa unsur apa taktik itu akan berjalan atau tidak, apa kita harus mainkan short pass atau long pass, attack atau counter attack, dan tempo cepat atau lambat. Engine di game ini bisa disebutkan lumayan baik dalam mengakhiri bagaimana taktik itu akan berjalan dan bagaimana beberapa AI musuh bisa sesuaikan dengan taktik kita

Lalu untuk proses manajemen tim, kita untuk manager harus benar-benar memperhatikan kesesuaian beberapa pemain, pilih staff yang cocok, dan jual beli pemain. Jangan sampai kamu tidak memperhatikan kesesuaian pemain, dan satu saja pemain yang ngambek dalam tim bisa mengakibatkan ke pemain lainnya. Sports Interactive untuk developer baik dalam mengakhiri proses nya dalam hal ini.

Dalam bagian grafis, peluang game ini kalah dibandingan game seperti PES atau FIFA. Dibanding kedua game kompetitor yang mempunyai grafis yang betul-betul riil dan berikan kesegaran mata ditambahkan untuk beberapa pencinta game bola. Walau grafis di Football Manager tidak buruk, peluang beberapa pemuja grafis tidak senang dengan grafisnya itu. Tapi ditekankan lagi, karena game ini memfokuskan di gameplay karenanya beberapa player dan player veteran sekalipun sedikit protes pada grafis nya

Melawan Kompetitor

Football Manager sebenarnya sempat mempunyai kompetitor dengan proses gameplay yang sama, yaitu FIFA Manager yang dinaikkan oleh EA. Tapi FIFA Manager tidak bisa membendung kesuksesan Football Manager sampai selanjutnya di matikan seri nya pada tahun 2014. Dan sampai saat ini, tidak ada kompetitor untuk Football Manager dalam hal game simulasi sepak bola. Karena PES dan FIFA dapat disebutkan game sepakbola lainnya proses gameplay nya. Untuk persoalan lisensi pada liga atau klub sepakbola, Football Manager tidak kalah dengan PES dan FIFA. Pada seri tahun ini, dan Football Manager bisa bawa lisensi laga teratas liga jerman yaitu Bundesliga dan lisensi laga dan klub lainnya.

Apa bisa Setenar PES Dan FIFA di Indonesia?

Di Indonesia sendiri peluang game ini masih kurang populer dibanding dua game baru saja. Tapi, komune game ini cukup aktif dalam untuk membahas game ini. Di Facebook sendiri misalnya, ada komune namanya Football Manager Indonesia (IDFM). Sampai tulisan ini dibuat, anggota grup itu sampai 19 ribu anggota. Bukan tidak mungkin komune game ini di tanah air kita bisa berkembang lagi ditambahkan komune game ini di seluruh dunia dibantu oleh developer nya sendiri. Kita berharap developer makin melakukan eksperimen lagi dalam tingkatkan game ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *